Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Senin, 15 Agustus 2011

Kemajuan Teknologi Informasi di Industri Aviasi

Senin, 15 Agustus 2011

  
Hingga detik ini perkembangan teknologi dalam industri penerbangan dapat dikatakan sudah sangat mutakhir, terlebih lagi dengan semakin banyaknya maskapai penerbangan yang saling berkompetisi dalam memberikan layanan prima untuk para pengguna jasa transportasi udara.
Senada dengan maraknya berita mengenai beberapa insiden berkaitan dengan operasional penerbangan, meskipun dengan adanya tuntutan yang tinggi terhadap keselamatan penumpang selaku pengguna jasa trasportasi udara akan tetapi terkadang suatu insiden sangatlah sulit untuk dihindari.
Secara jelas terdapat beberapa kendala yang harus diwaspadai yaitu salah satu diantaranya adalah faktor cuaca yang belakangan ini sangat mudah berubah-ubah, hingga mengakibatkan suatu jadwal penerbangan dapat tertunda dikarenakan perubahan cuaca yang sangat berdampak pada kondisi di udara.




Namun sekarang hal tersebut sudah bukan merupakan suatu masalah yang perlu dikhawatirkan, dikarenakan adanya suatu produk yang bernama Electronic Flight Bag (EFB) yang dirancang sedemikian rupa agar dapat menyesuaikan dengan sistem dan ruang yang ada pada kokpit pesawat.
Dengan dukungan fasilitas EFB, disamping dapat memudahkan para pilot untuk menerima up-date laporan cuaca, berkirim pesan via e-mail maupun ke nomor handphone, teknologi EFB juga dapat meminimalisir biaya dengan cara mengurangi penggunaan kertas yang dapat digantikan dengan data yang dimuat ke dalam komponen tersebut.
Dapat dikatakan bahwa EFB adalah tablet PC yang dikhususkan untuk para pilot agar dapat mempermudah komunikasi antara pihak udara (airborne flight) dengan darat (ground), juga sebagai alat bantu dalam hal pemetaan landasan yang tersedia pada tiap-tiap bandara dan data-data lainnya terkait operasional penerbangan.
Diadaptasi oleh konsep teknologi aviasi dari Lufthansa yang juga diterapkan oleh Air Asia untuk penerbangan jarak jauh dan ETOPS, melalui pengembangan program FF/Platform tentunya data-data didalam EFB tersebut yang berkaitan dengan rute penerbangan harus melalui proses verifikasi Eurocontrol agar penerbangan yang telah terjadwal dapat lepas landas menuju destinasi.
Sedangkan dalam hal instalasi dari penggunaan sistem ini, terlebih dahulu harus mendapat persetujuan dari DGCA (Directorate General of Civil Aviation) yang dalam bahasa Indonesia adalah Direktorat Jenderal Perhubungan Udara yaitu merupakan instansi pemerintah yang mengatur segala hal mengenai industri transportasi udara.Singkat kata, teknologi EFB memang dirancang untuk menunjang sistem yang ada sebagai fitur tambahan dalam teknologi transportasi udara sehingga dengan diterapkannya teknologi ini pada beberapa maskapai penerbangan maka optimalisasi operasional industri aviasi tentunya akan semakin baik.
Dengan turut sertanya maskapai penerbangan Garuda Indonesia dalam proses riset dan pengembangan teknologi ini, diharapkan Garuda Indonesia dapat memiliki keunggulan dalam berkompetisi dengan maskapai penerbangan lainnya pada skala internasional untuk membawa nama Indonesia di bidang jasa transportasi udara.














Tersedia Juga Kolom Di Bawa Bila Anda Ingin Memberikan Masukan  Yang Cukup Akurat Karena Itu Saya Akan Berterima Kasih Sekali Kepada Anda

 Yang Terhubung

0 komentar:

Posting Komentar

FREE Site Submission!
URL:
E-mail:
Add Free Site Submitter to Your Website - Click Here!
Default EnginesAdditional Engines
AtomicBot
Burf
Claymont
FyberSearch
Google
Google-ca
Google-fr
ScrubTheWeb
SplatSearch
Subjex
Unasked
Walhello
Abacho (.de)
Acoon (.de)
BigFinder
ExactSeek
OnSeek
SearchEngine
SearchSight
SearchWarp
WebWizard

Search Engine Optimization
Website Traffic Top Ranking

FREE Search Engine Ranker!
Your Url:
E-mail:
Keywords:
All Major Search Engines:
AltaVista AOL DirectHit Euroseek
Excite FAST FindWhat GOeureka
Google Goto HotBot Looksmart
Lycos MSN Netscape NorthernLight
Sprinks Teoma WebCrawler Yahoo

Search Engine Submission - Top10 Position - Get Traffic

Add Search Engine Ranker to your site!
Keyword Density Analyzer!
Your Url:
Min. word length:
 
Search Engine Optimization Services!

Search Engine Submission - Top10 Ranking - Get Traffic

Add Keyword Analyzer Tool to your site!